kakek moyangku seorang pejuang…

kakek moyangku seorang pejuang… lawan penjajah demi merdeka… kalau saja yang namanya nasionalisme itu diukur dengan seberapa ingat kita pada hari2 bersejarah bangsa kita, mungkin aku termasuk orang yang memiliki rasa nasionalisme yang sangat rendah. karena aku sudah tidak hafal lagi hari2 bersejarah bangsa ini, kecuali mungkin hari kemerdekaan. dan kayanya untuk hal yang satu […]

tradisi lebaran dan sungkeman

jadi, beberapa hari kemaren, mungkin karena terpengaruh suasana lebaran, aku jadi berpikir: apa yang identik dengan lebaran? dan jawaban yang terlintas adalah: ketupat, opor ayam, sholat ied, mudik dan sungkeman. nah untuk hal yang terakhir ini, boleh percaya boleh ga, di keluargaku yang baru 4 orang ini,, sama sekali ga ada tradisi sungkeman. sejak aku […]

my name means

jadi, tadi iseng sama penyanyi ukraina Jamala, eh malah ketemu sama situs yang ngasih arti nama bayi. dari situ aku baru tau kalo nama jamala berasal dari bahasa swahili yang artinya ramah -friendly, well mannered-. dan iseng aku ketik namaku, yulia. soalnya selama ini kalo cari nama yulia rasanya jarang banget ada, ada juga paling […]

and the show still go on

jadi, 2 hari yang lalu,ponakanku tersayang bertanya, “anti, anti sekarang umurnya berapa 23 ato 24??” dan demi melihat wajah bundarnya, aku akhirnya menjawab iseng, “anti sekarang 23 tahun, 11 bulan dan 28 hari kaka, nah 2 hari lagi baru anti 24” dan wajahnyapun semakin membulat dalam usahanya memahami jawabanku ;p jadi inget,dulu waktu jaman lebih […]

pilpress 2009

akhirnya lewat sudah pilpress hari ini,, tinggal nunggu hasil, meskipun kayanya udah jelas ya yang bakal jadi presiden kita 5 taun mendatang. at least i’m not golput. meskipun keputusan bwat milih siapa datang pada saat2 terakhir, dan dengan perubahan drastis pilihan dari pilihan awal mulai kampanye. karena rasanya ko masih agak ragu ya sama capres […]

berlima

baru aja nemu video lama. ga lama banget siy direkamnya kira2 setaun yang lalu jaman kkn pas kami lagi bisa kompakan ngumpul di jogja. trus jadi kangen sendiri. kangen sama suasana ngumpul2 lagi sama anak2. padahal awal bulan ini masih sempet2nya jalan bareng sebelum si engkoh balik ke jakarta. dan ga kerasa ternyata udah 5 […]

sesame street

mungkin beberapa orang familiar dengan yang namanya sesame street, acara yang dulu tayang hampir setiap hari di salah satu tv swasta yang baru tayang selama beberapa waktu. waktu itu acaranya masih berbahasa inggris dan isi acaranya adalah perkenalan tentang huruf dan angka yang disuguhkan secara menarik dengan menggunakan boneka2 tangan. dulu saking sukanya sama acara ini, aku pasti selalu nangkring didepan tv […]

this 23rd

  akhir2 ini ada satu kebiasaan baru yang lagi kuasah bener, dan membiasakannya. yaitu kebiasaan menganalisa apa keuntungan dari setiap tindakan dan kejadian yang aku lakukan. 2 kejadian yang paling aku inget saking ga pentingnya ngasih aku dua kesimpulan yang bikin aku mikir hal itu ga sia2. yang kesimpulan dari kejadian pertama adalah puas, karena […]