emansipasi

sempet sharing sama salah satu temen dan dilanjutkan dengan sharing lebih jauh dengan teman yang lain (efek ber-YM! ria di malam hari :D), dan jadi berpikir,

apa yang terjadi jika ada seorang perempuan yang mengajak seorang laki2 berkenalan lebih dulu?

kalo kita melihat di zaman apa kita hidup dan ditengah serunya isu emansipasi wanita sekarang, seharusnya siy itu adalah satu hal yang biasa saja. sekarangpun aku yakin ada beberapa laki2 yang beranggapan kalo itu adalah hal yang wajar. tapi tetep aja kan, masih ada paling ga 50% laki2 yang menganggap kalo itu (ngajak mereka kenalan lebih dulu) adalah satu hal yang ga wajar, dan bahkan tabu.

aku sendiri sebagai perempuan yang dibesarkan dengan tradisi jawa yang cukup kuat, tanpa sadar jadi membatasi diri juga. dan pada akhirnya berpengaruh pada pola pikirku ini. bahwa ada bagian2 dalam hubungan laki2 – perempuan dimana perempuan bisa ambil inisiatif untuk maju dan ada juga masanya perempuan duduk diam dan menanti.

masalahnya adalah, kalo perempuan ini sudah duduk diam dan menanti, ternyata laki2 itu ga ngeh juga gimana?

nah itu dia repotnya. πŸ˜€
tinggal masalah gengsi. apakah perempuan ini mau menundukkan gengsinya sejenak dan bergerak maju dengan harapan laki2 itu tidak berpikir negatif atau mendapat resiko ditolak. atau tetap saja mempertahankan ego dan gengsi untuk kemudian pulang dengan tangan hampa?

itulah emansipasi, satu kata dengan makna yang megah, namun pada aplikasinya tetap saja terbatasi oleh pola pikir masing2 pemerannya.

jadi inget cerita tentang gajah. ini cerita favoritku, yang sering banget aku ceritain kalo lagi inget.

jadi, ada seekor anak gajah yang baru saja ditangkap. kakinya diikatkan ke bilah kayu yang ditanam di tanah. setiap kali anak gajah itu berusaha melarikan diri, kakinya pasti akan selalu tertahan oleh ikatan itu. semakin keras dia berusaha melepaskan diri, semakin keras ikatan itu menahannya dan semakin sakit kaki anak gajah itu jadinya. selama berbulan2 hingga tahun anak gajah itu mencoba. dan semakin lama anak gajah itu semakin kehilangan semangat untuk melepaskan diri. sampai akhirnya dia menjadi gajah dewasa, dan bilah kayu itu semakin lapuk. tapi masih saja dia tidak berani untuk melepaskan diri. karena pikiran bahwa bila dia melarikan diri kakinya akan menjadi sakit masih tertanam dalam pikirannya dan pada akhirnya tersimpan di alam bawah sadarnya.

kadang kita ga sadar bahwa yang membatasi kita adalah rasa takut kita sendiri. dan seringnya perempuan merasa takut akan hal2 yang ga penting. termasuk aku juga. hehe makanya setiap kali aku merasa takut, aku pasti akan selalu teringat cerita ini.

emanipasi mungkin harus dihadapi dengan lebih bijak lagi oleh para perempuan dimanapun dia berada. apapun latar belakangnya. sehingga semuanya tetap pada porsinya. tidak kurang sehingga langkah kita terbatasi, tapi juga tidak berlebih agar nantinya tidak memberikan efek buruk bagi perempuan itu sendiri.

bagaimanapun, bwat semua perempuan meskipun bukan hari kartini atau hari perempuan, tetap semangat!

karena kita bisa melakukan hal – hal yang tidak pernah kita duga sebelumnya

(^ ^)

Iklan

8 thoughts on “emansipasi

  1. Aku paling suka cerita anak gajah itu.. dulu dapatnya dari salah satu buku tentang pre-conditioning mental kayanya πŸ˜€

    Emansipasi… sebuah kata yang perlu mendapatkan banyak pemikiran πŸ™‚
    Sebagai cowo, diajak kenalan duluan sama cewe sih ga masalah.. toh cuma kenalan πŸ™‚

    Buat mereka yang seringkali gengsi untuk memulai, mungkin mereka bisa membangun magnetisme mereka untuk menarik perhatian si cowok..

    Tapi pendapat pribadiku diluar semua teori itu sih.. Karena ga selamanya “cowo baik” itu bisa ada di depan kita, ga ada salahnya bila kita sedikit berinisiatif πŸ™‚
    Yang penting, kita uda bener-bener paham “kualitas” yang kita butuhkan, dan “kualitas” yang dimiliki si cowo saat itu πŸ™‚

    Soalnya sebagai cowo saya mengakui, kalo cowo baik sudah menjadi makhluk langka di bumi ini hehehe πŸ™‚

    So.. go get it girls! πŸ˜€

  2. Efek YM dimalam hari?
    aduh…aduh Mbakyu….jangan tidur malam..malam nti sakit lagi!!hihihihihi

    Kalo cuma kenalan gak papa,cuma kenalan ini!! tapi kalo ngajak jadian dan ngajak kawin cewek duluan…..aduh…ndak dech bisa-bisa yang jadi kepala RT cewek juga!(emansisapi…sorry emansipasi!)

  3. eh, tau gak sih kalo gajah itu ingatannya kuat dan pendendam? la kalo dalam cerita itu yg dipake adalah tokoh “gajah”, ya pantes aja, karena gajah itu sekali mengingat (yakni tak bisa lepas, dikekang), maka dia akan inget itu selamanya..

    gak heran juga kenapa lambang dewa pengetahuan (ganesha) adalah kepala gajah..

    oi.. gak nyambung!!!

    yg pasti, dunia berubah. masyarakat kian permisif. hal yg dulu dianggap tabu, justru dibilang jadul.. katrok..

    apalagi kalo elo (cieh, elo!) udeh tinggel di jakarte yang ngehe..

    jadi, begitulah..

    tinggal elo (lagi-lagi elo) mau berubah pa kagak..

    world changes!

  4. hahaha, biasa aja deeeh…
    Kita pancing-pancing aja dikit. Ga terpancing ya sudaaah. Kalau terpancing ya syukur.hehe

    Jodoh di tangan Tuhan. Kalau kita tidak berusaha, ya bakal di tangan Tuhan terus. Ya gaaa?

    Kangen niih. Lama aku ga ngeblog

  5. mas ipung: i already have, tapi ko ga ada tanggapan yak??:-/

    bodro: weitz,, kalo yang itu mah emang rada susah yak jadinya??:D

    zam: yupz, d’ world has already change. but i still wish i’m not change so much from what i am now πŸ™‚

    mas topix: wah mas,, kalo sudah ada yang diincar kenapa ga langsung ngajak duluan aja ?hehe

    tanti: boleh nduk, link aja. sekalian blogmu ya?ntar ta’ link juga jadi bisa saling mengunjungi hokeh??

    nonadita: kalo ga diajak2 juga gimana??;))

    hasna: fufufu,, iya niy,, namanya juga usaha ;p
    iya na, kangen niy sama cerita2mu lagi,, meskipun aku juga lagi hibernate dulu heheh ;p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s