belajar bersama

kadang satu hal yang dirasa sederhana bwat kita, bisa jadi satu hal yang luar biasa bwat orang lain. sesederhana suara adzan yang bergema pada tiap2 waktu sholatnya. bagi umat muslim, terutama di negara2 yang mayoritas penduduknya adalah muslim, adzan sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup. kita membuka mata di awal pagi sebetulnya diiringi seru azan shubuh, dan disapa sekali lagi saat malam telah menjelang.

dari pengalamanku sendiri, ada masa2 dimana seru suara azan membuatku meneteskan air mata. merasa sedih, bahagia sekaligus terharu saat mendengarnya. mengulangnya pelan2 dalam tangis pada setiap baitnya. dan akhirnya menjadi manusia lagi seutuhnya.

tapi bagaimana dengan teman2 yang tidak membutuhkan azan? beberapa mungkin akan terganggu, apalagi jika ia baru saja memejamkan mata di pagi hari. dan ini tiba2 menjadi satu hal yang menarik untukku, tentang apa yang ada di pikiran mereka pada tiap kali mereka mendengar suara azan. jujur aku sendiri yang umat muslim pernah satu kali merasa agak terganggu dengan adanya pujian2 yang akan mengiringi suara azan, lebih karena aku khawatir akankah suara2 itu akan mengganggu mereka yang tidak menggunakannya? mengganggu lelap tidur mereka. dan yang paling kucemaskan adalah, apa yang ada dipikiran mereka?

toleransi mungkin akan jadi satu hal yang penting dalam situasi ini. kita pasti akan meminta kesedian mereka untuk bertoleransi dengan hal ini. tapi jika kita putar mejanya dan posisi itu dikembalikan ke kita, akankah kita juga bisa berbesar hati seperti yang mereka selalu lakukan terhadap kita?

jika ini bisa masing2 kita lakukan dengan penuh keikhlasan dan besar hati, betapa indahnya dunia kita yang penuh warna ini. jadi mungkin meskipun masih tetap ada agama, negara, kepemilikan, surga dan neraka, manusiapun tetap dapat hidup dalam damai, seperti dalam lagu imagine.

😉

Iklan

One thought on “belajar bersama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s